Kamis, 22 November 2012

PENGERTIAN SAHAM

   Yang di maksud dengan saham adalah ??          




         Apa definisi saham itu? Saham merupakan salah satu sekuritas atau efek atau surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal yang bersifat kepemilikan. Artinya siapapun yang membeli saham berarti ikut memiliki berapa persen bagian dari perusahaan tertentu atau perusahaan yang menerbitkan saham. Pendek kata, saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atau instansi terhadap suatu perusahaan yang menerbitkan saham. Lalu mengapa perusahaan menerbitkan saham dan mengapa juga mereka membeli saham. Aktivitas jual beli saham memang salah satu aktivitas yang selalu terjadi di bursa efek. Tujuan perusahaan menerbitkan saham adalah untuk menambah modal sedangkan tujuan mereka atau kita membeli saham adalah untuk mendapatkan keuntungan baik keuntungan jangka pendek maupun keuntungan jangka panjang.
Setelah mengetahui definisi saham, selanjutnya kita juga harus mengetahui mengapa berinvestasi di bidang saham merupakan investasi yang menjanjikan. Mengapa? karena saham memiliki salah satu ciri yaitu high risk high return, yaitu meski memiliki tingkat risiko yang lumayan tinggi namun keuntungan yang akan didapat dengan bermain-main di dunia saham bisa berlipat-lipat. Keuntungan tersebut yang membuat para pelaku bisnis yang bergerak di bidang jual beli saham menjadi tertarik.untuk menekuninya. Kita bisa mendapatkan untung yang besar hanya dalam waktu beberapa jam saja, namun demikian kita juga bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit bila tidak cermat.
Berdasarkan definisi saham yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka bagaimanakah cara seseorang untuk bisa membeli saham baik dengan tujuan jangka pendek maupun panjang? Pertama kita harus mengetahui saham dari perusahaan mana yang akan kita beli. Tentunya kita akan membeli saham-saham dari perusahaan yang bagus dan memiliki daya jual yang menggiurkan. Untuk itu, kita harus aktif melihat tentang saham-saham apa saja yang sekarang ini sedang berjaya dan memiliki prospek ke depan yang bagus. Langkah berikutnya adalah kita harus menjadi nasabah di perusahaan efek yang sudah terdaftar di bursa efek dan bukan perusahaan efek gadungan. Perusahaan efek itulah yang nantinya akan menjadi mediator antara kita dengan bursa efek. Sebelum melakukan transaksi lebih lanjut, kita diwajibkan untuk menyetor sejumlah uang yang disebut sebagai deposit pada perusahaan efek. Untuk selanjutnya segala jenis transaksi yang ada di bursa adalah dengan melalui perusahaan efek yang berfungsi sebagai perantara atau mediator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar